10 Ikan Kali yang Bisa Mengancam Nyawa Anda

Banyak sekali makhluk hidup yang bertebaran di daratan dan di lautan, di dalam air asin dan air tawar. Namun belum semuanya diketahui oleh manusia secara mendetail. Ada pula yang teleh diketahui manfaat dan bahayanya, termasuk ada yang berdampak mematikan bagi manusia karena bisa atau racun dan sejenisnya.



Laut bukan satu-satunya area air yang dihuni oleh berbagai macam mahkluk berbahaya. Bahkan daerah air tawar pun juga memiliki penghungi  yang tak kalah menakutkan dan berbahaya dengan yang ada di laut. Daerah seperti danau, sungai, dan rawa-rawa, menjadi tempat tinggal sejumlah hewan menakutkan. Dalam artikel ini, kalian akan kami ajak untuk menyimak sederet ikan menakutkan dan berbahaya yang meneror di daerah perairan tawar.

10. Muskellunge


Ada beberapa jenis ikan pike yang hidup di Bumi. Salah satunya yang pastinya pernah kita dengar adalah Barracuda. Jarang ada yang kenal dengan ikan bernama Muskellunge atau Muskie. Masih memiliki kerabat dengan Barracuda, Muskellunge atau Muski adalah monster air tawar yang tak bisa dianggap sepele.

Muskellunge bisa tumbuh mencapai 1,8 meter dengan berat 21 kg. Ikan ini memiliki penampilan dan sifat yang persis seperti Barracuda, dimana mereka besar, panjang, bergigi tajam, dan tentu saja kuat. Gigi tajam seperti anjing dan kekuatannya, Muskellunge dapat dengan mudah menarik mangsanya ke bawah air.

9. Goonch Catfish


Berada di perairan tropis, tak cukup kalian waspada dengan ikan hiu. Ada ikan yang tak kalah berbahaya dari hiu, dan ikan tersebut adalah ikan Goonch catfish atau Lele Goonch. Tak seperti ikan lele pada umumnya yang kecil, Lele Goonch berukuran sangat besar, tinggal di perairan tawar dan sangat berbahaya layaknya ikan hiu.

Lele Goonch memang tergolong ikan yang pemalas, tapi mereka adalah predator. Lele Goonch yang besar seperti tampak pada foto, banyak ditemukan di Asia Selatan. Dengan panjang mencapai 1,8 meter, Lele Goonch bisa mencapai berat hingga 90 kg. Sebagai predator, Lele Goonch dibekali dengan gigi tajam dan rahang kuat.

8. Payara/Vampire Fish



Ikan Payara adalah vampirnya di dunia ikan. Maka dari itu, Payara disebut juga dengan Ikan Vampir. Ikan Payara adalah ikan yang banyak ditemukan di perairan tawar di Amerika Selatan. Yang menjadi ciri khas dari Payara adalah, taring bawahnya yang panjang dan tajam. Bayangkan jika gigi tersebut menancap di tubuh manusia, pasti sangat sakit.

Payara sangatlah licin, lincah, dan memiliki warna silver yang mencolok. Ikan Payara diketahui masih memiliki hubungan saudara dengan ikan Piranha dari perairan Amazon. Bila mulut ikan ini tertutup, mereka terlihat seperti ikan normal, mirip dengan Salmon. Ikan Payara bisa tumbuh hingga 45 cm, tak terlalu besar, tapi gigi ikan ini bisa dengan mudah menembus daging mangsanya.

7. Arapaima



Besar, buruk rupa, menakutkan, memiliki penampilan seperti ular, dan liar. Arapaima akan menjadi salah satu ikan yang tidak ingin kalian jumpa ketika sedang berada di air tawar. Ikan predator ini tak hanya memangsa ikan tapi juga burung. Arapaima yang besar, bisa dengan mudah menangkap mangsa dan menyeretnya ke dalam air.

Sunagi, rawa-rawa, dan perairan dekat hutan adalah habitat kesukaan Arapaima. Arapaiman diperkirakan bisa tumbuh hingga panjang 2,7 meter, dengan berat hampir 200 kg. Arapaima dikenal tak agresif dengan manusia. Namun ada kasus 2 kematian yang disebabkan oleh Arapaima, terjadi di Malaysia.

6. Alligator Gar


Memiliki ukuran 2/3 dari ukuran maksimal yang bisa dicapai oleh aligator dan bentuk mulut yang juga mirip, adalah hal yang wajar bila ikan ini dinamakan Alligator Gar. Jika kalian berada di perairan air tawar, ada baiknya kalian berhati-hati dengan ikan satu ini. Kalian tidak akan mau berakhir di rumah sakit bila bertemu dengan Alligator Gar.

Oleh para ahli, Alligator Gar dianggap sebagai fosil hidup. Ini dikarenakan karena Alligator Gar tergolong ikan primitif yang sudah ada sejak puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Merupakan ikan asli di Amerika Serikat bagian Selatan, terutama di Drainese Mississippi. Rekor ikan Alligator Gar yang pernah tertangkap adalah 2,4 meter dengan berat 158 kg.

5. Goliath Tigerfish



Melihat wujud dari ikan ini, siapapun pasti setuju bahwa ikan ini sangat menakutkan dan berbahaya. Goliath Tigerfish adalah nama ikan tersebut. Nama Goliath adalah nama tokoh Alkitab yang memiliki karakter tinggi, besar, dan kuat. Karena ikan ini memiliki tubuh yang besar, panjang, serta gigi yang tajam, tak salah kan bila ikan ini dinamakan Goliath Tigerfish.

Penasaran dimana bisa menemukan ikan besar ini? Ikan Goliath Tigerfish banyak ditemukan di Afrika. Jadi, ketika kalian ke Afrika, kalian tak hanya takut dengan singa dan buaya, tapi juga dengan ikan satu ini. Ikan Goliath Tigerfish adalah penghuni asli perairan tawar di Afrika. Panjang mereka bisa mencapai 1,5 meter, dilengkapi dengan gigi tajam, dan sifat agresif. Tak lupa menambahkan bahwa ikan Goliath Tigerfish masih termasuk dalam taksonomi dengan piranha.

4. Belut Listrik


Bila digigit ikan tak membuat kalian takut? Bagaimana bila tersengat listrik? Ya, tersengat listrik ketika berenang adalah hal yang paling tidak ingin terjadi pada siapapun. Mungkinkah ada hewan yang bisa mengeluarkan listrik? Ada, dan itu adalah belut listrik. Bukan belut dalam artian sebenarnya, tapi belut listrik termasuk dalam Ikan knife.

Belut listrik banyak ditemukan di daerah Utara dari Amerika Selatan. Bentuk mereka mirip ular dengan mata dan pipi yang membulat. Mereka bisa mencapai panjang hingga 2,4 meter, berat 19 kg, dan mampu mengeluarkan arus listrik sebesar 860 volt. Kematian akibat sengatan belut listrik memang jarang terjadi, tapi jika kalian sampai mengalami kelumpuhan di dalam air setelah tersengat, kalian bisa tewas karena tenggelam.

3. Piranha


Mustahil sekali apabila tidak memasukkan ikan Piranha ke dalam daftar. Ikan ini sudah mendapatkan reputasinya sebagai ikan air tawar yang sangat berbahaya. Banyak dijumpai di perairan Amazon, ikan Piranha selalu mencari makanan secara berkelompok. Ini membuat ikan Piranha semakin berbahaya.

Ikan Piranha adalah ikan karnivor, mereka memakan daging dari hewan apapun yang berada dalam wilayah mereka. Meski ukuran mereka kecil, Piranha memiliki gigi kecil yang tajam. Satu Piranha memang tak begitu menakutkan, tapi begitu mereka berkumpul, mereka bisa melahap hewan besar sampai tak bersisa dalam waktu yang singkat. Sudah ada banyak film yang menceritakan betapa menakutkannya ikan Piranha, kalian bisa tonton sendiri kalau tidak percaya.

2. Bull Shark



Jika kalian berpikir bahwa berenang di perairan air tawar lebih aman dibanding berenang di lautan karena ketiadaan ikan Hiu di air tawar, segera ubah pandangan tersebut demi keselamatan kalian. Ada satu jenis ikan hiu yang diketahui bisa hidup baik itu di air asin atau di air tawar, hiu tersebut adalah Hiu Banteng atau Bull shark.

Kalian tahu betapa mengerikannya Hiu Putih Besar, maka kalian juga harus waspada dengan Hiu Banteng. Hiu Banteng memang bukan termasuk ikan air tawar, tapi mereka memiliki kemampuan untuk bisa berenang sampai ke perairan air tawar. Sifat mereka yang agresif, Hiu Banteng, Hiu Macan, dan Hiu Putih Besar adalah 3 jenis hiu yang paling sering menyerang manusia.

1. Candiru



Dan akhirnya, ikan air tawar yang paling menakutkan bukanlah ikan yang besar seperti Bull Shark atau Hiu Banteng. Ikan air tawar yang sangat berbahaya ternyata adalah Candiru. Bila dibandingkan soal ukuran, Candiru memiliki ukurang yang sangat kecil, hanya sekitar 40 cm ikan ini dapat tumbuh. Candiru kecil bisa dengan mudah masuk ke dalam lubang anus, vagina, dan lubang kencing.

Ikan Candiru adalah ikan parasit, sekali mereka masuk ke salah satu lubang, entah itu anus, vagina atau salurang kencing, mereka akan tinggal di sana dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Sialnya, ikan ini tak bisa dikeluarkan dengan cara normal, hanya melalui meja operasi ikan ini bisa dikeluarkan. Ikan ini sangat tertarik dengan urin, karena itu, disarankan agar orang tidak kencing sembarangan.



sumber : tahupedia.com










Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Ikan Kali yang Bisa Mengancam Nyawa Anda"

Posting Komentar